Wilayah RW 01 Duren Tiga Ditata Jadi Kampung Herbal

By Al


nusakini.com - Jakarta - Wilayah RT 01,02 dan 09 RW 01, Kelurahan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, ditata menjadi kampung herbal.

Lurah Duren Tiga, Mursid mengatakan, pihaknya mengerahkan 15 personel PPSU untuk membantu mengkondisikan tiga RT di RW itu jadi kampung herbal hasil kolaborasi pihak kelurahan, CSR Korindo Group dan pengurus RT dan RW setempat.

"Untuk kegiatan itu petugas PPSU bertugas mencetak manhole dengan coran semen ukuran lebar sekitar 60 sentimeter dan panjang sekitar 70 sentimeter untuk ditempatkan di atas saluran air lingkungan warga. Di atas manhole itu nantinya akan diletakkan pot-pot tanaman herbal," ujarnya

Dijelaskan Mursid, keberadaan tanaman herbal hasil kreativitas warga di wilayah RW itu sudah ada sejak tahun 2013. Saat ini, dikembangkan kembali dengan puluhan jenis tanaman herbal yang jumlahnya ratusan hasil kolaborasi dengan CSR.

"Kemungkinan ini jadi kampung herbal pertama di Jakarta Selatan. Masyarakat yang ingin melakukan pengobatan dengan menggunakan tanaman herbal, nantinya dapat ambil ke wilayah RW tersebut," ucapnya.

Ketua RW 01, Ilham Achmad menambahkan, penataan tanaman herbal denagn wadah pot dilakukan di atas manhole saluran sepanjang 500 meter. Tanaman herbal yang ada, jumlah puluhan jenis, seperti kelor, mahkota dewa, samiloto, insulin, kaca beling, binahong, lidah mertua, patah tulang, pandan, sere, kunyit dan lain sebagainya.

"Selain menghijaukan wilayah juga untuk membantu warga dan masyarakat yang ingin melakukan pengobatan dengan tanaman herbal," tandasnya.